avengers

avengers

Friday, January 17, 2014

Moyes Out?


picture source: http://www.mirror.co.uk/sport/football/news/david-moyes-sad-cat-face-2994656

Belakangan ini gue sering baca-baca komentar di fanpage MU. Fans MU seperti terbagi. Ada yang memihak Moyes, ada yang sibuk bilang “Moyes out” dan ada yang adem-adem aja. Gue termasuk yang adem-adem aja sih ya. Jujur, musim ini gue seperti kehilangan semangat. Entah karena EPL ditayangkan di Indosiar dan SCTV atau karena pelatihnya bukan Sir Alex atau mungkin karena gue kehilangan cahabat buat berbagi cerita bola tiap pagi. Kayaknya semuanya deh… Tapi bukan berarti gue karbit ya. Sorry deh. Gue masih tetap ikutin perkembangan dan hasil-hasil laga nya kok.

Kembali ke masalah “Moyes OUT”. Di awal musim atau pertandingan-pertandingan awal, gue percaya kok sama Moyes. Sampai saat ini gue errr…percaya sih sama Moyes. Kalau dipikir-pikir, ada banyak faktor yang menyebabkan klub ini jadi terpuruk seperti sekarang. Inilah yang gue pikirkan tentang kemunduran MU di musim ini.

Pertama, Moyes. Moyes mengubah segalanya. Pfft. Gue juga gak terlalu mengerti struktur kepelatihan di Manchester United. Tapi yang gue tau, Moyes mengganti para asisten Sir Alex dengan asistennya di Everton. Seharusnya Moyes tau, gak mudah melatih klub ini kalau gak paham apa yang ada didalamnya. Menurut gue sih, asisten Sir Alex bisa banyak membantu Moyes dalam melatih klub.

Kedua, transfer musim panas dan Ed Woodward. Penggantian CEO ternyata berdampak besar terhadap klub. Di transfer musim panas lalu, sang CEO baru justru gagal. Beberapa sumber menyatakan the worst transfer window in Manchester United’s history. Gue setuju. Banyak nama-nama besar yang justru lepas dari incaran seperti Thiago Alcantara, Ander Herrera dan Mesut Ozil. Yang paling mengesalkan bagi gue sih Mesut Ozil. Mesut Ozil was offered to United, but United rejected it. Benar-benar ngeselin. He’s one of my favorite players and now, I have to hate him just because he signed for Arsenal. Dammit bangetlah. Satu-satunya pemain yang berhasil didatangkan ke United adalah Marouane Fellaini yang harganya cukup mahal menurut banyak orang. Gue sih gak tau standar harga pembelian pemain. Tapi yang katanya Fellaini mahal, apalagi sekarang permainannya menurun. Pfft.  

Ketiga, skuad yang ditinggalkan Sir Alex. Melihat dari skuad peninggalan Sir Alex, gue gak bisa nyalahin Moyes. Kenapa? Lihatlaaaah, ada berapa pemain yang udah tua dan sering cedera. Belum lagi performa sebagian pemain yang menurun. Trio bek, Vidic-Ferdinand-Evra, mereka udah cukup berumur dan ditambah lagi mereka sering cedera. Di barisan tengah, Carrick bisa diandalkan tapi cedera juga. Sementara Kagawa, entah apa yang dipikirkan Moyes. Di awal musim kemarin, entah berapa lama Kagawa disimpan untuk alasan yang gak jelas. The big problem di lini tengah adalah Young dengan sandiwara konyol-nya. Hell. Di lini depan, no problem. Tapi perubahan mulai terasa sejak Van Persie cedera. Untungnya belakangan ini performa Rooney dan Welbeck lumayan.

Dibawah  ini ada screen-capture hasil polling terhadap fans MU oleh salah satu fanzine MU. Hasilnya adalah lebih banyak dari fans yang ingin mempercayai Moyes sampai musim depan. Artinya, banyak fans yang berpikir bahwa Moyes perlu diberi waktu. Kalau menurut gue, itu baru namanya fans bijaksana. Bukan asal bacot aja. Kenapa gak lo aja jadi CEO kalau mau memecat Moyes. Dari beberapa bulan yang lalu, di twitter udah muncul hashtag #MoyesOut. Padahal musim ini aja belum kelar. Buktikan deh, kita beda sama klub-klub kaya yang hobi mengganti pelatih.


Satu hal lagi yang terpikir sama gue, fans MU yang umurnya gak lebih dari 27 tahun pasti ngerasain yang sama dengan yang gue rasain. “Oh… ternyata ini rasanya ganti pelatih,” atau “Gini amat ya rasanya ganti pelatih.” Ternyata nyesek ya mengganti pelatih.


Saat ini, MU ada di peringkat 7 dengan margin 11 poin dengan pemuncak klasemen. Harapan gue buat musim ini gak muluk-muluk sih. Semoga aja masuk 4 besar dan lolos ke liga champion atau paling enggak bisa menang Capital One Cup. Pengennya sih juara liga champion. Hehe… Hal yang gue takutkan adalah, MU terlempar dari 4 besar dan pemain-pemainnya pada kabur. Apapun itu, MU harus bisa mempertahankan pemainnya. Moyes, we trust you. 

No comments:

Post a Comment