avengers

avengers

Saturday, August 13, 2011

Parotitis a.k.a Gondongan


Hari Jum'at kemarin pas pulang sekolah, tiba-tiba gw ngerasa kayaknya dibagian bawah telinga aku kok sakit ya.
Jangan-jangaaaaaaaaan... #lebay

aku takutnya kena penyakit kayak adek-adek aku sebelumnya.
Penyakit aneh yang dikasih blau-blau itu loh. Tau kan? ahahaha..
Ternyata bener. Pas hari sabtu-nya membengkak.
Trus hari minggunya demam, pusing.
Tepar deh di tempat tidur.
Makan juga ga enak, tidur serba salah. Soalnya itu sakiiiit rasanyaaaa..

Menderitaaaa.
Hari Sabtu, Senin, Selasa aku nya gak sekolah jadinya.
Gak jadi ulangaan Sejarah ama Kimia. Hahahhaa.. :D

Sebenarnya hari rabu pun gak mau dateng, soalnya masih rada bengkak gitu.
Tapi, karena ulangan Fisikaaa, makanya dateng ^ ^
ahahahaha.. Sampai hari ini masih ada bengkak dikit, soalnya gak dikasih obat apa-apa sih. Karena akunya gak mau dibawa ke dokter. Kemarin pas sakit, cuma dikasih blau ama nasi panas. ahaha.. gak tau deh ya.. apa khasiat blau sebenarnya.

Oiia, aku kasih tau dikit deh tentang penyakit ini.

Parotitis atau Gondongan adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Virusss dari golongan PARAMYXOVIRUS. Penyakit ini ditandai oleh pembesaran kelenjar ludah terutama kelenjar parotitis yang terletak di depan telinga. Makanya, kalau kena penyakit ini bisa keliatan tembem banget. (tapi sakiiit)

Penyakit ini menular lewat percikan ludah, muntah atau urin. Karena itu, kalau ada keluarga atau teman yang kena, jangan pernah minum satu gelaaas!! Soalnya aku dapat gara2 waktu itu minum satu gelas ama adek aku yang lagi sakit.

Virus PARAMYXOVIRUS ini membutuhkan waktu 14-24 hari untuk memperbanyak diri hingga menimbulkan gejala. jadi, gejala nya gak langsung keliatan pas virus nya udah masuk ke tubuh. Aku juga gitu, jarak aku sama adek aku itu sekitar 2 minggu.

Gejala awalnya yaitu, demam, nyeri otot, sakit kepala dan rasa malas. Kemudian akan timbul pembengkakan pada satu sisi. Awalnya hanya terasa kalau diraba, tapi dalam hitungan jam, bakal membengkak secara maksimal dan terlihat dengan kasat mata. Bengkak-nya bakal terasa sangat menyakitkaaaan kalau kita lagi makan atau menelan sesuatu.Biasanya bengkak-nya hanya berlangsung 3-4 hari.

Penyakit ini umumnya terjadi pada anak-anak dan sebagian orang dewasa saja. Tapi kayaknya jarang ngeliat orang dewasa sakit Gondongan. Hahaha.. :D
Karena, jika udah kena sekali, maka seumur hidup kita akan kebal terhadap penyakit ini.

Oiia, satu hal yang penting. Kalau kena penyakit ini, makan makanan yang lunak atau cair. Soalnya bakal sakit pas ngunyah. hihi...


Yap, udaaaah.. Aku cuma tau tentang ini aja. Pas lagi sakit aku sempat browsing dan nyari tau. Hehehe.. Gimana ya, rasanya menderita banget pas sakit ini. Soalnya 5 hari gw kagak makan enak. Makannya cuma nasi lembek pake kuah.Yang bikin menderita itu gini.. kita pengen makan, tapi gk bisaaa. Apalagi makanan tersaji di depan mata.

Uggh.. Menyebalkan. Beda kalau lagi sakit yang lain, kan kita nya emang gak nafsu makan kan, jadi ngeliat makanan didepan mata ya biasa aja. Tapi, ini.. ah. Sudahlah. Yang penting sekarang udah normal :D

AH ya, kata Nenek Juminten, penyakit kampung. soalnya pake-pake blau. WKwkwkwkwkwk.. gak ah. Nama virusnya aja gehol gitu. Hahahaha..

No comments:

Post a Comment